Senin, 01 April 2013

Tugas Etika dan Profesionalisme


Tugas Soft Skill Etika dan Profesionalisme
Nama  : Nuning Khanif Aulia
NPM   : 14109997
Kelas  : 4KA26
Mata Kuliah : Etika dan Profesionalisme TSI
Dosen : Agung Mandala Putra


Etika membantu manusia untuk melihat secara kritis moralitas yang dihayati masyarakat, etika juga membantu merumuskan pedoman etis yang lebih kuat dan norma-norma baru yang dibutuhkan karena adanya perubahan yang dinamis dalam tata kehidupan masyarakat.
Etika membantu untuk mengambil keputusan tentang tindakan apa yang perlu dilakukan dan yang perlu dipahami bersama bahwa etika ini dapat diterapkan dalam segala aspek atau sisi kehidupan, dengan demikian etika ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan aspek atau sisi kehidupan manusianya.
Tujuan Etika dalam teknologi informasi: sebagai dasar pijakan atau patokan yang harus ditaati dalam teknologi informasi untuk melakukan proses pengembangan, pemapanan dan juga untuk menyusun instrument.
Sasaran, etika digunakan dalam teknologi informasi agar:
– mampu memetakan permasalahan yang timbul akibat penggunaan teknologi informasi itu sendiri.
– Mampu menginventarisasikan dan mengidentifikasikan etika dalam teknologi informasi.
– Mampu menemukan masalah dalam penerapan etika teknologi informasi.

1. Siapa yang seharusnya menerapkan Etika dan Profesionalisme TSI ?

Jawab : Semua elemen seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap orang yang hendak menggunakan teknologi sistem informasi tertentu harus mempertimbangkan untuk menggunakan etika dan profesionalisme TSI, sehingga pengguna etika dan profesionalisme TSI ini tentunya adalah semua elemen di dalam suatu lingkungan kerja yang akan menggunakan TSI.guna menghindari isu-isu etika dalam pemanfaatan TI.
Sebagai seorang yang profesional, kita mempunyai tanggung jawab untuk mempromosikan etika penggunaan teknologi informasi di tempat kerja. Hal itu termasuk melaksanakan peran kita dengan baik sebagai suatu sumber daya manusia yang penting di dalam sistem bisnis dalam organisasi.


2. Mengapa etika dan profesinalisme harus diterapkan?

Jawab : Etika dan Profesionalisme TSI harus diterapkan agar menghindari terjadinya perbuatan yang melanggar kode etik seperti perilaku yang buruk, tidak jujur atau tidak bertanggung jawab yang terjadi pada seorang preofesional di bidang teknologi informasi. Dengan adanya Etika dan profesionalisme TSI diharapkan profesional dalam bidang teknologi informasi dapat bekerja sama untuk menegakkan reputasi yang baik dan sesuai dengan kode etik tempat profesional tersebut bekerja.



Sumber : http://ballo.wordpress.com/2013/03/15/pengertian-mengapa-kapan-dan-siapa-etika-dan-profesionalisme-tsi-di-terapkan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar